Jumat, 12 Juni 2015

Terkait Dugaan Kecurangan PSB, Wako Panggil Kepsek

Prabumulih, Palembang Pos.- Walikota Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) Negeri 1, terkait keluhan wali murid yang menyebutkan adanya indikasi atau dugaan kecurangan dalam penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2014/2015.
 
            “Ya saya juga sudah dengan informasi itu, makanya akan kita cross cek kebenarannya nanti kepala sekolahnya akan kita panggil agar semuanya jelas,” ujar Ir H Ridho Yahya, ketika dibincangi wartawan, kemarin (12/06).

            Dijelaskan H Ridho Yahya, sejak beberapa tahun terakhir pihaknya telah menerapkan system jalur khusus bagi siswa berprestasi untuk mendaftar disekolah yang diinginkannya. Hal itu dilakukan, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap anak-anak yang berprestasi disekolah.

            “Sekarang tak ada lagi alasan, anak pintar tak dapat masuk sekolah unggulan atau favorite. Siapa juara dikelas mulai rangking 1 sampai 5, mereka bebas memilih melanjutkan sekolah dimanapun,” ungkap suami dari Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu.

            Tak hanya itu saja, untuk menghindari terjadinya kecurangan mulai tahun ini pihaknya lebih memperketat proses penerimaan siswa baru yakni dengan system cepat. “Sekarangkan dengan proses cepat kita, nomor kita keluarkan jumat pagi, tesnya jumat siang sampai sore, malamnya mengkoreksi besok pagi pengumuman,” jelasnya.

“Sebenarnya kita ingin hari ini tes, nilainya itu langsung keluar, tapi kan itu tidak mungkin karena untuk melakukan koreksinya itu butuh waktu, itupun ngoreksinya malam hari agar pagi sudah keluar. Supaya tidak ada cela lagi praktik menitipkan nomor nomor tes, jadi mereka dengan begitu tidak sempat lagi,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, PSB Sekolah Dasar tepatnya di SD Negeri satu diprotes oleh salah satu orang tua atau wali murid. Protes tersebut dilontarkan, lantaran anaknya tidak diterima di SD Negeri 1 dengan alasan belum cukup umur. Sementara ada calon siswa lainnya, yang usianya lebih muda diterima disekolah yang terletak tepat disamping gedung DPRD Prabumulih itu. (abu)

0 komentar:

Posting Komentar