Jumat, 26 Juni 2015

Coba Kabur, Pelaku Curanmor Didor

Prabumulih, Palembang Pos.- Berakhir sudah petualangan Yutandri (30), warga Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih, “didunia hitam”. Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) itu, berhasil diringkus unit reskrim Polsek Prabumulih Barat, sehari setelah mencuri motor milik korbannya Rina Korina (32), warga Jalan Madang Kelurahan Muntang Tapus, Prabumulih Barat, dikawasan Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Pasar I, kemarin siang sekitar pukul 14.30 WIB.
            Dalam penangkapan tersebut, petugas terpaksa memberikan tindakan tegas dengan menembak betis kanan tersangka, lantaran mencoba kabur saat diminta untuk menunjukkan, barang bukti hasil kejahatannya selama ini. Selain meringkus tersangka, petugas juga berhasil mengamankan motor Yamaha Mio warna biru BG 5394 OH milik korban juga sebilah pisau yang diselipkan dibalik pinggangnya.
            Informasi berhasil dihimpun, penangkapan terhadap tersangka pelaku curanmor itu bermula dari laporan korbannya Rina Korina, yang masuk ke SPK Polsek Prabumulih Barat. Dalam laporannya korban menuturkan, motor kesayanggan hilang saa diparkir di jalan jendral Sudirman tepatnya disamping toko colombus, Selasa (23/06) sekitar pukul 10.00 WIB.
            Menindaklanjuti laporan korban, unit reskrim polsek prabumulih barat dipimpin kanit reskrim Ipda Aris Munandar langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, petugas mendapat ciri-ciri berikut identitas pelaku curanmor tersebut. Selanjutnya, petugas langsung menyebar melakukan penyelidikan.
            Saat petugas lagi melakukan penyelidikan, informasi kembali masuk kesalah satu anggota yang menyebutkan bagwa pelaku tengah mengendarai motor milik korban melintas dikawasan pasar inpres prabumulih menuju arah Muara Enim. Tak ingin buruannya kabur, petugas langsung melakukan pengejaran.
            Ternyata pengejaran petugas sempat diketahui oleh pelaku, pelaku langsung memacu motor yang ditungganginya dengan kecepatan tinggi. Namun tanpa disadari pelaku, dari arah berlawanan petugas lainnya datang dari arah berlawanan dan mencoba menghadangnya. Melihat ada petugas didepan, pelaku bukannya menyerah dirinya justru menabrakkan motor yang hasil curiannya itu ke motor petugas hingga tabrakanpun tak terelakkan.
            Pelaku yang telah lama jadi target operasi petugas terpenatl dari motor lalu terhempas keaspal. Saat itu ia berusaha bangkit, tapi jatuh kembali lantaran mengalami patah kaki kanannya. Selanjutnya dengan mudah petugas mengamankan pelaku, berikut barang buktinya. Oleh petugas, pelaku dibawa ke rumah sakit untuk mengobati kakinya yang patah dan kemudian diminta untuk menunjukkan barang bukti hasil kejahatannya selama ini.
            Didalam perjalanan tersebut, pelaku yang tak ingin mendekam dalam penjara memanfaatkan kelengahan petugas. Ia melompat dari mobil yang membawanya, lalu berusaha kabur. Namun langkahnya terhenti, petugas dengan sigap memberikan tembakan peringatan tapi karena tak digubris tersangka akhirnya petugas mengarahkan moncong senjatanya kekaki tersangka.
            Dihadapan petugas, tersangka mengakui jika telah lima kali beraksi diwilayah hukum polres prabumulih. “Limo kali pak aku maling motor, duitnyo aku gunokan untuk makan samo foya-foya,” katanya dengan nada pelan menahan sakit.
Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa Sik MTCP melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Toni Arman SH, ketika dikonfirmasi membenarkan anggotanya telah berhasil menangkap pelaku curanmor tersebut. “Pelaku terpaksa kita berikan tindakan tegas, karena mencoba kabur dan melawan petugas,” tandas Kapolsek.
Dijelaskan kapolsek, tersangka merupakan TO yang telah lama menjadi incaran petugas. “Meski sudah beberapa kali beraksi, pelaku selalu lolos saat akan ditangkap, namun akhirnya berkat kerjasama petugas dan masyarakat yang membantu dalam memberikan informasi kepada kita, pelaku akhirnya berhasil kita tangkap,” tukasnya seraya mengatakan pihaknya akan menjerat pelaku dengan Pasal 363 KUHPidana. (abu)

0 komentar:

Posting Komentar