Minggu, 19 Mei 2013

Target PAD Minim, Dewan Desak Uji Petik

Prabumulih, Palembang Pos.-
            Dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan perekonomian di Kota Prabumulih terus berkembang, ini terbukti disepanjang Jalan Jendral Sudirman yang merupakan jalan utama dikota ini menjamur restoran dan rumah makan. Namun sayangnya, bertambahnya restoran dan rumah makan tersebut tidak diiringi dengan peningkatan target PAD dari sector pajak restoran dan rumah makan.

            Pemerintah tetap menargetkan PAD sebesar Rp1 Miliar dari sector tersebut. Tidak diketahui, apa alasan pemerintah belum menaikkan target PAD dari sector tersebut. Namun yang pasti, tidak adanya peningkatan PAD itu mendapat sorotan tajam dari kalangan legislative.

           Terkait hal itu, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih mendesak agar pemerintah kota (Pemkot) Kota Prabumulih untuk mengevaluasi penetapan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector pajak dan retribusi restoran, dengan melakukan uji petik.

         Pasalnya, kalangan legislative tersebut menilai target PAD dari sector tersebut sebesar Rp1 Miliar dinilai sudah tak relevan atau tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini dimana jumlah restoran dan rumah makan yang ada di Kota Prabumulih tiap tahunnya terus berkembang dengan pesat.

            “Kita mendesak pemerintah untuk mengevaluasi target PAD dari sector pajak rumah makan dan restoran, sebab menurut pandangan kami target yang ditetapkan pemerintah dari tahun ketahun sebesar Rp1 miliar sudah tak sesuai lagi,” ujar angota Komisi II DPRD Prabumulih, H Kesuma Irawa, kepada wartawan.

            Kesuma mengatakan, dengan terus menjamurnya jumlah restoran dan rumah makan dalam beberapa tahun terakhir dirinya menilai sudah sewajarnya jika pemerintah menetapkan PAD dari sector pajak dan retribusi restoran sebesar Rp3 miliar per tahunnya. “Kalau melihat kondisi saat ini, saya rasa Rp3 miliar juga sudah wajar,” tandasnya.

            Namun agar penetapan dinilai wajar, kata Kesuma, sebaiknya sebelum menetapkan target pemerintah melakukan uji petik terhadap pajak tersebut. “Oleh karena itu, sekali lagi saya katakana pemerintah harus segera melakukan uji petik penarikan pajak tersebut agar PAD kita bias meningkat,” tegasnya.

            Masih kata Kesuma, jika telah ditetapkan target PAD yang lebih tinggi dari saat ini dan pada saat pelaksanaanya nanti tidak tercapai itu bukan suatu persoalan. “Masalah terealisasi atau tidak, itu persoalan nanti yang penting saat ini targetnya kita besarkan dahulu nanti baru kita lihat hasilnya,” tuturnya.

            Ketika disinggung mengenai dugaan adanya permainan dalam penetapan target PAD dari sector pajak restoran tersbeut, politisi dari Partai Demokrat ini enggan berkomentar. “Saya tidak mau komentar soal itu, yang terpenting bagi saya saat ini pemerintah harus segera melakukan uji petik jika tidak mau, kami yang akan turun langsung melakukan uji petik” pungkasnya. (abu)

0 komentar:

Posting Komentar